Blogger Tricks Blogger Tricks
Sabtu, 13 September 2014

Teliti, teliti, teliti...

Teliti, teliti, teliti, teliti, teliti, teliti.... Aah! Cukup. Kebawa deh ampe isi. Pembaca sekalian, kata itu mungkin sesuatu yang gak kasat mata dan mungkin sepele. Tapi ini penting banget. Gak ada kata itu (Gk mau disebut lagi. Udh muak sama kata itu), kita bisa mengubah hasil kita.

Teliti (Udh lah, cuma kata ini. Gk ush terlalu dipikirin) itu emg udh biasa diingetin sama wali kelas kita atau siapapun, karena itu emang penting. Klo kita salah hitung sedikit aja di ulangan Matematika atau Fisika, jawaban yg didpt jadi beda jauh sm jawaban yg bener. Klo kita pedekate gk teliti satu kata aja yg bikin gebetan kita marah, dia gk bakal mau sm kita lagi buat selamanya. Kita salah baca dikit aja, kita udh nanggepin sesuatu jadi beda bgt.

Kurang teliti emg udh biasa. Tapi sekali lagi, dampaknya besar. Gw baru" ini ngalamin. Rasanya lebih sakit dripada galau yg gw alamin skrg ini gara" gk punya pacar (atau paling gk gebetan gara" yg gebetan gw yg terakhir jg gk mau sama gw). Sakit bgt. Jadi baru" ini, gw ada UH B.I (Bahasa Indonesia). Malemnya, gw tidurnya jam 11-an gara" adek gw. Jadinya gk konsen deh. Gk konsen bikin gk teliti. Jadi ralat yh. Judulnya 'Konsentrasi, konsentrasi, konsentrasi...' (Jadi mirip Naruto wkt mau ngeluarin Rasengan buat yg pertama kalinya). Bagi yg mau ralat, silahkan ganti dari kode HTML nya sendiri. Klo gk ngerti, yaudh, derita.

Anyway, UH B.I gw di jam pertama. Bisa bayangin kn ngantuknya gimana di jam pertama. Apalagi klo malemnya kurang tidur. Jadi wkt dijelasin soalnya kyk gimana, inilah yg gw dpt.

Nomor 1 tentang nilai intrinsik cerpen. Jadi disuruh cari nilai intrinsik dri cerpen yg dikasih. Trus kedua tentang iklan baris. Disuruh bikin 4 iklan baris max 3 baris. Dan soal ketiga, disuruh sunting naskah.

Dan dibagikanlah soalnya. Oh iya, buat yg penyuntingan boleh pake pensil. Berikutnya, masih dikasih kertas lagi. Gw liat yg satu lagi. Isinya pengumuman. Dan gw liat objek dari surat itu. Itu buat wali dari siswa kelas 7&8. Dan gw kelas 9. Pasti ada yg salah dari pengumumannya. Jadi gw simpen dan mulai ngerjain.

Soal nomor 3 itu penyuntingan naskah. Dan ada cerpen di soal. Pasti naskah cerpen. Dan naskah itu buat nomor 1. Gw berpikir kalau itu buat soal nomor 1 sama 3. Jadi pertama, gw baca dulu semuanya. Abis itu, gw coba sunting. Katanya sih mesti dpt 20 kesalahan. Dan gw dpt 20 kesalahan di naskah itu. Malah lebih. Dan gw dpt dlm wkt 1 jam pelajaran. Jam B.I hari itu 2 jam. Dan gw udh lewatin 1 jam buat sunting nomor 3. Dan tibalah gw buat ngerjain nomor 1 sama 2. Wkt gw ngerjain nomor 3, guru gw keliling. Trus liat gw. Abis itu, guru gw tanya, "masih sampai sana?" Trus gw jawab, "Iya, saya jawab dulu nomor 3." Abis itu, guru gw jalan keliling lagi.

Gw ngerjain nomor 1 sama 2 ampe waktunya tinggal 5 menit. Dan guru gw keliling. Trus nanya gw, "Brian, udh selesai?" Trus gw jawab dgn anggukan. Abis itu, belia tanya gw lagi, "Yg itu sudah selesai?" Gw bingung. Apa lagi yg blm selesai? Trus pertanyaan itu diulang lagi sambil nunjuk ke bawah. Dan tangannya nunjuk ke pengumuman yg tadi dibaiin. Apa hubungannya UH sama pengumuman?

"Udh selesai suntingnya?" Tanya beliau lagi. Sunting? Ya udah lah. Gw udh selesai....nyunting. Tunggu, jadi yg mesti gw sunting di nomor 3 itu pengumuman? Gw coba baca lagi nomor 3. Dan benar. Soalnya isinya begini: 'Suntinglah pengumuman berikut ini.' Mati gw. Gw sunting cerpennya. Itu artinya, gw sunting soalnya. Ya ampun. Gw buru" ambil pengumuman itu. Dan ambil lagi pensil gw. Dan coba cari 20 kesalahan dari pengumuman itu dlm waktu 5 menit. Dan ditambah lagi, gw mesti ngapus apa yg udh gw sunting di soal. Pada akhirnya, kesalahan yg gw temuin di naskah (soal) yg awalnya jumlahnya lebih dri 20, gw dpt sekitar 16 kesalahan di naskah (pengumuman). Rugi bgt gw. Tambah lagi gw wkt nyari kesalahan dikelilingin sm org byk. Dan smuanya nungguin gw gara" kesalahan gw nyunting soal. Itu smua gara" gw gk teliti baca soal. Jadi pelajaran buat semuanya, mesti teliti. Klo gk, inilah akibatnya. Jgn lupa, sbuah batu yg ditarik dpt merobohkan sebuah formasi batu yg sangat seimbang. Jadi telitilah. Sekian dri gw. Terakhir, teliti harus konsentrasi. Jadi, buat konsentrasi, perhatikan gambar dibawah ini dgn saksama.

sumber:http://davvenbyheart.files.wordpress.com/2010/10/spiral.gif?w=300  
Setelah itu, pembaca akan merasakan sesuatu yg membuat tubuh pembaca menjadi berat. Dan pada akhirnya tertidur dgn pulas selama 5 sekon setelah mengatakan, "Gw bakal konsentrasi. Thx ya Brian Liando."


0 komentar:

Posting Komentar

 

© B1214N Liando Story Here!, All Rights Reserved
Design by Dzignine and Conceptual photography

Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer